Kelompok A.I.D.A

""Jika kau hanya melakukan apa yang kau tahu bisa kau kerjakan, kau tidak akan bisa berbuat lebih.” Tom Krause (1934), motivator, guru, dan pelatih"

Sabtu, 09 Oktober 2010

Corporate Social Responsibility (CSR)

  •  Kebijakan

Keberadaan PT Semen Gresik (Persero) tidak hanya ditentukan oleh single bottom line, yaitu nilai perusahaan (corporate value) yang direfleksikan melalui kondisi keuangannya (finansial), namun eksistensi Semen Gresik sangat ditentukan oleh triple bottom lines, yakni ekonomi, sosial dan lingkungan. Hal ini secara eksplisit tertuan gdalam misi perusahaan yang menyatakan bahwa Semen Gresik memiliki komitmen terhadap peningkatan kesejahteraan pemangku kepentingan (stakeholders) terutama pemegang saham, pegawai dan masyarakat sekitarnya.
Komitmen dari misi tersebut selanjutnya dimanifestasikan melalui langkah-langkah strategis:
1. Mewujudkan hubungan yang harmonis antara perusahaan dengan masyarakat
2. Pelipatgandaan usaha kecil dan koperasi yang mandiri, tangguh dan berdaya saing serta tetap mempertahankan penyerapan tenaga kerja melalui pengelolaan yang profesional.
3. Memelihara kelestarian lingkungan hidup, serta membantu meningkatkan kualitas hidup masyarakat, yang meliputi pendidikan, kesehatan dan kesejahteraan.
4. Mengembangkan pola pembinaan uasha kecil dan koperasi, baik terkait atau tidak dengan bisnis Semen Gresik melalui penyaluran dana dan pembinaan berkesinambungan, dengan mengedepankan aspek pemerataan, kemandirian, profesional dan etika.


Indikator kunci yang digunakan sebagai parameter efektivitas pelaksanaan keempat langkah strategis itu terdiri atas :
1. Signifikansi dengan visi dan tujuan perusahaan
2. Relevansi dengan perubahan yang terjadi dalam lingkup eksternal dan internal
3. Memperoleh dukungan, melibatkan dan memberdayakan komunitas
4. Menjamin kelestarian lingkungan
5. Memiliki rencana implementasi yang transparan
6. Akuntabel
7. Berkelanjutan
8. Meningkatkan identitas sosial perusahaan (corporatec social responsibility)

  •  Bidang Sosial

Tanggung jawab dan komitmen Perseroan dalam bidang sosial (people) bertujuan untuk menciptakan positive emotional relation dengan masyarakat secara berkesinambungan. Wilayah aktivitas CSR Perseroan dalam bidang sosial mencakup penyediaan sarana umum (infrastructure development), keagamaan, pendidikan (education), kesejahteraan sosial, kesehatan (health improvement), revitalisasi seni-budaya, tanggap darurat bencana (disaster emergency response), dan olah raga.



Sarana Umum. Aktivitas peningkatan sarana umum meliputi pembangunan jalan, penerangan, sanitasi, pavingisasi dan perbaikan fasilitas umum lainnya. Aktivitas tersebut bertujuan untuk meningkatkan aksesibilitas dan liveability masyarakat. Semen Gresik menyadari bahwa ketersediaan sarana tersebut merupakan “jembatan” bagi upaya pemberdayaan masyarakat.


Keagamaan. Peningkatan keimanan dan ketakwaan kepada Tuhan melalui Madrasah, Pondok Pesantren, Kegiatan Sosial Kemasyarakatan/Keagamaan dan tempat ibadah lainnya merupakan komitmen Perseroan untuk berkontribusi dalam pembangunan moralitas masyarakat dan karakter bangsa (character building). Bentuk aktivitas di area ini meliputi bantuan renovasi dan pembangunan sarana ibadah, perayaan hari besar keagamaan, peduli Ramadhan, pengajian rutin, diklat imam dan khatib, pembinaan kelompok bimbingan ibadah haji (KBIH) Semen Gresik serta Sema’an dan Dzikir Ghofilin.




Pendidikan. Salah satu titik kritis dalam pembangunan di Indonesia adalah bagaimana meningkatkan mutu SDM. Pemberian bantuan untuk meningkatkan mutu SDM yang meliputi bantuan bea siswa, perbaikan mutu kurikulum, peralatan peraga, seminar, KKN mahasiswa, kursus/latihan keterampilan (lolapil) dan peningkatan mutu pendidik merupakan bentuk kepedulian SG dalam upaya meningkatkan kualitas SDM tersebut.





Kesejahteraan Sosial. Pemberian bantuan untuk kegiatan sosial meliputi bantuan paket sembako, peringatan hari besar nasional, pemberian dana hibah untuk kegiatan organisasi kelompok pemuda dan masyarakat merupakan wujud komitmen Perseroan untuk “selalu hadir dan berbagi” dalam berbagai situasi.







Kesehatan. Pemberian bantuan untuk peningkatan kesehatan masyarakat, pengadaan peralatan untuk Polindes (Poliklinik Desa) dan pengobatan gratis bagi masyarakat kurang mampu adalah upaya Perseroan untuk wujudkan komitmen “kesehatan bagi semua”. Kesehatan merupakan investasi sosial yang sangat berharga dalam melipatgandakan modal sosial. Dalam masyarakat yang sehat, akan lahir karakter bangsa yang kuat dan bermartabat.





Seni Dan Budaya. Pemberian bantuan untuk pengembangan karya seni-budaya merupakan wujud kepedulian Perseroan untuk melestarikan dan mengapresiasi berbagai kearifan seni-budaya yang hidup dalam masyarakat. Melalui olah karya seni-budaya, Perseroan bersama masyarakat menjadi semakin “menyatu dalam kearifan”. Bantuan peralatan seni-budaya, penyelenggaraan festival, pementasan dan fasilitasi karya-karya seni-budaya seperti pelestarian seni reog, karawitan, dan pendalangan merupakan wujud apresiasi Perseroan atas berbagai kekayaan seni-budaya yang hidup dalam masyarakat.



Tanggap Darurat Bencana. Penderitaan para korban dari berbagai bencana yang terjadi di Indonesia merupakan landas pacu bagi Perseroan untuk semakin peduli dengan penderitaan sesama. Melalui aktivitas Tanggap Darurat Bencana, Perseroan hadir untuk dan bersama masyarakat korban bencana. Beberapa aktivitas tanggap darurat bencana yang telah dilakukan antara lain adalah:
1. Bantuan bencana Aceh
2. Bantuan bencana gempa Jateng & DI. Yogyakarta
3. Bantuan banjir bandang Jember
4. Bantuan bencana Lapindo
5. Bantuan bencana alam Trenggalek
6. Bantuan bencana angin puyuh Bojonegoro yang meliputi bantuan sembako, peralatan mandi, tenda dan perlengkapannya serta bantuan kesehatan dan paramedis.


Olahraga. Olah raga merupakan wahana pembentuk kesehatan masyarakat, serta aktualisasi dan pembentukan karakter diri. Kepedulian Perseroan dalam pengembangan keolahragaan dimanifestasikan melalui kegiatan pembinaan Persatuan Sepak Bola Tuban (PERSATU), Semen Gresik Boxing Camp (SGBC), Bina Bola ESGE, PUSDIKLAT Bulutangkis Semen Gresik, SSB Semen Gresik dan Pencinta Alam.






  • Bidang Ekonomi
Ekonomi

Tanggung jawab sosial Perseroan dalam bidang ekonomi difokuskan pada upaya pengembangan pola pendampingan usaha kecil dan koperasi, baik terkait atau tidak dengan bisnis Semen Gresik. Secara teknis, tanggung jawab itu dilakukan dengan penyaluran dana dan pembinaan kesinambungan, yang mengedepankan aspek pemerataan, kemandirian, profesionalitas, dan etika.
Terkembangnya pola pendampingan usaha kecil dan koperasi diharapkan akan memacu potensi usaha kecil agar menjadi tangguh dan mandiri (termasuk layak berhubungan dengan bank dalam pengelolaan finansial usahanya).

Bidang Ekonomi
PENDAMPINGAN
Prinsip dasar yang menopang pola pendampingan Perseroan berdasarkan pada pemantapan Tridaya, yaitu daya tahan, daya tarik dan daya saing dari kekuatan ekonomi komunitas. Melalui pendampingan Tridaya itu, kelompok usaha lokal yang berbasis komunitas mengelola sumber daya yang ada dan masuk kepada penataan kemitraan baru dengan Perseroan, atau di antara mereka sendiri, untuk menciptakan pekerjaan baru dan merangsang kegiatan ekonomi wilayah. Ciri utama pendampingan Perseroan kepada kekuatan ekonomi lokal dititikberatkan pada “endogenous development”, yaitu menggunakan potensi sumber daya manusia, institutional, dan fisik setempat.
Beberapa aktivitas pendampingan kegiatan ekonomi lokal yang telah dilakukan antara lain adalah pelatihan jahit bordir/konveksi, pelatihan pembuatan pakan ternak, pelatihan membatik dan mewarna, pemberdayaan pengrajin konveksi blessing, pemberdayaan pengrajin batik tulis dan tenun gedog budi karya, pemberdayaan patung logam kuningan ganesha, dan pelatihan pembuatan kue kering.
Beberapa upaya penciptaan lapangan kerja yang berbasis pada “endogenous development” yang telah dilakukan adalah pengembangan peternakan itik, produsen telur asin, penyelenggaraan diklat otomotif, las dan AC, diklat motor tempel dan pengembangan budi daya ikan keramba di bekas lahan galian.

  •  Bidang Lingkungan

Tujuan dari program CSR Perseroan dalam bidang lingkungan adalah menunjang pembangunan masyarakat yang berkelanjutan dan berwawasan lingkungan hidup. Perseraoan sangat menyadari bahwa capaian kinerja finansial dan sosial, tidak akan efektif tanpa didukung oleh kepedulian untuk menjaga keberlanjutan lingkungan. Berdasarkan atas kesadaran itu, Perseroan telah mengambil inisiatif untuk memadukan berbagai fungsi pelestarian lingkungan hidup yang terintegrasi ke dalam kebijaksanaan perusahaan, penataan, pemanfaatan, pengembangan, pemeliharaan, pemulihan, dan pengendalian lingkungan hidup.


Perseroan menyadari bahwa keberhasilan pengelolaan lingkungan merupakan pilar utama dari perwujudan pembangunan yang berkelanjutan. Untuk itu, Perseroan telah mengambil prakarsa sadar dan terencana, memadukan lingkungan hidup termausk sumber daya, ke dalam proses bisnis untuk menjamin kemampuan, kesejahteraan, dan mutu hidup generasi masa kini dan generasi masa depan.


Aktivitas yang dilakukan dalam mewujudkan hal itu melalui kegiatan penghijauan / green belt, bantuan penyediaan air bersih / sumur, pembuatan wisata air dan pembuatan real estate bekas daerah tambang dan juga penggunaan teknologi ramah lingkungan antara lain electrostatic precipitator (EP), pengelolaan air bersih (water treatment) dan penampungan air hujan berupa waduk yang dapat dipergunakan untuk berbagai keperluan.

0 komentar:

Posting Komentar